Putri, Vinna Yuliani Putri (2023) Pengembangan instrumen penilaian hots menggunakan kombinasi google formulir dan autoproctor untuk menilai keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa mengenai besaran dan pengukuran / Vinna Yuliani Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian HOTS menggunakan media kombinasi google formulir dan autoproctor untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi besaran dan pengukuran dengan validitas dan reliabel yang baik. Penelitian ini menggunakan metode R amp D dengan tiga tahapan dari model 4D. Hasil penelitian ini adalah instrumen penilaian HOTS dalam bentuk tes pilihan ganda yang divalidasi oleh tim ahli dan diuji cobakan di SMA Negeri 1 Turen. Hasil validasi ahli instrumen produk yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak dengan skor validasi ahli materi sebesar 99 56% dan skor validasi ahli media sebesar 95 41%. Selain itu uji kepraktisan oleh guru dan siswa menunjukkan hasil yang sangat baik dengan kategori sangat layak dengan skor 100% oleh guru serta rata-rata skor 96% oleh siswa. Uji validitas butir soal menunjukkan bahwa 15 soal valid dan koefisien reliabilitas sebesar 0 763. Instrumen yang digunakan memenuhi kriteria valid dan layak digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil pengukuran keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 34 26 termasuk dalam kriteria kurang dengan nilai tertinggi 93 33 dan terendah 6 67 (dengan skala nilai 1-100). Hasil pekerjaan yang didapatkan oleh siswa ini masih kurang. Hal ini dapat disebabkan karena tingkat kesukaran butir soal yang belum sesuai dengan proporsi yang ada. Saran untuk dilakukan penelitian lagi untuk mempelajarai sebaran tingkat kesukaran soal. Penelitian ini memberikan gambaran singkat tentang penggunaan media google formulir dan autoproctor dalam mengurangi kecurangan pada tes. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menganalisis hasil jawaban siswa dengan tingkat kecurangan yang mungkin terjadi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/298472 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |