Analisis kompetensi pedagogik guru fisika pada pembelajaran pasca pandemi covid-19 / Vanessa Septi Dwi Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kompetensi pedagogik guru fisika pada pembelajaran pasca pandemi covid-19 / Vanessa Septi Dwi Anggraeni

Anggraeni, Vanessa Septi Dwi Anggraeni (2023) Analisis kompetensi pedagogik guru fisika pada pembelajaran pasca pandemi covid-19 / Vanessa Septi Dwi Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan dalam aspek pendidikan akibat adanya pandemi COVID-19 memberikan tantangan bagi seorang guru terutama dalam mengelola pembelajaran di kelas. Kondisi tersebut mengharuskan guru dapat menunjukkan kinerja yang baik dan melakukan penyesuaian agar tujuan pendidikan yang telah direncanakan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan guru fisika dalam menerapkan pembelajaran pasca pandemi COVID-19 dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini ialah lima guru disika SMA di kota Malang dan Batu yang dipilih dengan teknik purpossive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah pedoman wawancara lembar observasi dan perangkat pembelajaran guru. Data primer dalam penelitian ini adalah hasil wawancara terkait kompetensi pedagogik guru fisika pada pembelajaran pasca pandemi COVID-19. Sementara itu untuk data sekunder diperoleh melalui hasil observasi dan perangkat pembelajaran guru dikelas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik pengkodean a priori coding yang dikembangkan berdasarkan kerangka teoritis yang merujuk pada tujuh indikator kompetensi pedagogik guru berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tahun 2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran pasca pandemi covid-19 terdapat dua faktor dalam kompetensi pedagogik guru. Faktor pertama yaitu kurikulum dan masa kerja kedua kelompok guru memiliki persamaan pada indikator menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang mendidik dan indikator penilaian dan evaluasi. Serta pada faktor tingkat pendidikan guru dengan tingkat pendidikan S1 maupun S2 cenderung memiliki persamaan pada indikator penilaian dan evaluasi. Hanya saja guru dengan tingkat pendidikan S2 lebih memahami proses tersebut baik dari segi teori maupun praktiknya. Implikasi dan saran penelitian dari penelitian ini akan didiskusikan lebih lanjut dalam artikel ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298471

Actions (login required)

View Item View Item