Fatimah, Adinda Amalia (2023) Pengembangan lkpd berbasis guided discovery learning pada materi kubus dan balok kelas viii di mts.miftahul ulum / Adinda Amalia Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan kebutuhan pengembangan LKPD bagi peserta didik kelas VIII MTs. Miftahul Ulum yang mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan LKPD berbasis Guided Discovery Learning pada materi kubus dan balok kelas VIII yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII MTs. Miftahul Ulum. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang memiliki tiga tahap antara lain analisis pendahuluan pembuatan prototipe dan penilaian. Dihasilkan LKPD dengan kriteria valid praktis dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik didasarkan pada hasil analisis data dalam penelitian ini. (1) Skor kevalidan LKPD sebesar 3 79 dan memenuhi kriteria valid. (2) Skor kepraktisan LKPD dengan menggunakan angket respon peserta didik dan guru yaitu 3 87 dan 3 56 yang memenuhi kriteria praktis. (3) Keefektifan LKPD berdasarkan persentase rata-rata total tingkat penguasaan kemampuan pemecahan masalah matematika dari hasil tes peserta didik didapatkan sebesar 81 50%. Sehingga LKPD yang dikembangkan dinyatakan efektif dalam memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII MTs. Miftahul Ulum.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:20 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/298274 |
Actions (login required)
View Item |