Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus berdasarkan model skema fong beserta scaffolding-nya / Ainur Rosidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus berdasarkan model skema fong beserta scaffolding-nya / Ainur Rosidah

Rosidah, Ainur Rosidah (2023) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus berdasarkan model skema fong beserta scaffolding-nya / Ainur Rosidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesalahan yang dilakukan oleh siswa saat menyelesaikan soal persamaan garis lurus dengan menggunakan model skema Fong sekaligus memberikan bantuan atau pendampingan (scaffolding) yang diperlukan agar siswa dapat mengatasi kesalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa yang berada di kelas VIII dan telah memperoleh materi persamaan garis lurus. Dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan matematika dipilih satu siswa sebagai subjek dari masing-masing kelompok sehingga total terdapat tiga subjek yang menjadi bagian dari penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah (S1) cenderung membuat kesalahan dengan menggunakan prosedur tidak relevan (E2) dan gagal menuliskan solusi (E1). Siswa dengan kemampuan sedang (S2) dan tinggi (S3) cenderung melakukan kesalahan dengan skema yang tidak lengkap dengan kesalahan (E4). Kesalahan tingkat kedua pada setiap subjek teridentifikasi. S1 membuat kesalahan terkait tema matematis dan operasional. S2 dan S3 cenderung melakukan kesalahan operasional dan tema matematis. Siswa dengan tingkat kemampuan matematika rendah dan sedang diberikan scaffolding berupa reviewing explaining dan restructuring untuk mengatasi kesalahan yang dilakukan. Sementara itu siswa dengan kemampuan matematika tinggi diberikan scaffolding berupa reviewing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298269

Actions (login required)

View Item View Item