Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah fungsi komposisi berdasarkan teori newman ditinjau dari gaya belajar / Halimatus Sa\'adah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah fungsi komposisi berdasarkan teori newman ditinjau dari gaya belajar / Halimatus Sa\'adah

Sa'adah, Halimatus Sa'adah (2023) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah fungsi komposisi berdasarkan teori newman ditinjau dari gaya belajar / Halimatus Sa\'adah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa saat memecahkan masalah fungsi komposisi ditinjau dari gaya belajar beserta faktor-faktor penyebabnya. Metode analisis kesalahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Newman. Penelitian deskriptif dengan teknik kualitatif dilakukan di SMA Panjura Malang. Penelitian ini menggunakan enam orang dari kelas X untuk mewakili tiga gaya belajar berbeda yang disukai masing-masing dari kedua anak tersebut yaitu visual auditorial dan kinestetik. Keenam siswa tersebut dipilih karena melakukan kesalahan terbanyak pada masing-masing tipe gaya belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pemberian angket gaya belajar soal tes materi fungsi komposisi dan wawancara subjek. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket gaya belajar soal cerita materi fungsi komposisi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tipe gaya belajar visual melakukan kesalahan memahami kesalahan transformasi kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Siswa dengan tipe gaya belajar auditorial melakukan kesalahan yang sama dengan siswa dengan tipe gaya belajar visual dalam hal pemahaman transformasi keterampilan proses dan menyusun jawaban akhir. Di sisi lain siswa dengan tipe gaya belajar kinestetik hanya melakukan kesalahan saat memahami dan menyusun jawaban akhir. Kesalahan siswa dapat disebabkan oleh berbagai faktor antara lain ketidakmampuan siswa dalam memahami soal kurangnya pemahaman konsep dan materi fungsi komposisi dan kurangnya ketelitian dalam perhitungan matematis terutama dalam memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298268

Actions (login required)

View Item View Item