Metode somatis, auditory, visual, dan intelektual (savi) berbantuan papan games untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 8c smp laboratorium um / Ida Nuri Rahma - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode somatis, auditory, visual, dan intelektual (savi) berbantuan papan games untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 8c smp laboratorium um / Ida Nuri Rahma

Rahma, Ida Nuri Rahma (2023) Metode somatis, auditory, visual, dan intelektual (savi) berbantuan papan games untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 8c smp laboratorium um / Ida Nuri Rahma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menerapkan metode SAVI (Somatis Auditory Visual dan Intelektual) yang dibantu dengan papan games untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 8C SMP Laboratorium UM. Pembelajaran dengan menggunakan metode SAVI melalui 4 tahapan yakni a) tahap persiapan b) tahap penyampaian c) tahap pelatihan d) tahap penampilan hasil. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes siklus observasi aktivitas siswa dan observasi kegiatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari hasil soal tes pada siklus I yaitu 69% dan siklus II 78%. Selain itu terdapat peningkatan dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yakni 56 25% dan pada siklus II yakni 87 5%. Kemudian jika dilihat dari hasil observasi kegiatan guru juga terdapat peningkatan yakni pada siklus I mendapatkan skor 79 dan pada siklus II mendapatkan skor 81. Oleh karena itu pembelajaran menggunakan metode SAVI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 8C SMP Laboratorium UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298262

Actions (login required)

View Item View Item