Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan self-regulated learning siswa pada materi segiempat dan segitiga / Annisa Nuralifia Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan self-regulated learning siswa pada materi segiempat dan segitiga / Annisa Nuralifia Ramadhani

Ramadhani, Annisa Nuralifia Ramadhani (2023) Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan self-regulated learning siswa pada materi segiempat dan segitiga / Annisa Nuralifia Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan Self-Regulated Learning siswa SMP khususnya kelas VIIA MTs Surya Buana Malang pada materi segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi tes dan angket dengan indikator keberhasilan tindakan sebagai berikut terdapat peningkatan hasil angket SRL dari siklus I ke siklus berikutnya skor pada lembar observasi aktivitas guru minimal berada dalam kriteria baik skor dari lembar observasi aktivitas siswa minimal pada kriteria baik hasil tes siklus dikatakan berhasil jika rata-rata nilai siswa 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan dari Discovery Learning yang digunakan dalam meningkatkan Self-Regulated Learning siswa antara lain stimulation (pemberian rangsangan) yaitu siswa diminta untuk melihat mengamati membaca mendengarkan serta menyimak permasalahan terkait materi. Lalu pada tahap problem statement (mengidentifikasi masalah) siswa diberi kesempatan mengidentifikasi dan membuat pertanyaan terkait permasalahan. Pada data collection (pengumpulan data) siswa mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. Pada tahap verification (membuktikan) siswa membuktikan hasil dugaan dari tahap problem statement. Terakhir pada tahap generalization (menyimpulkan) siswa menarik kesimpulan terkait materi. Hasil angket Self-Regulated Learning pada pra siklus 100% dalam kategori sedang. 66% siswa pada siklus I termasuk dalam kategori sedang 19% pada kategori rendah dan 15% pada kategori tinggi. Pada siklus II 69% siswa masuk dalam kategori sedang 17% masuk dalam kategori tinggi dan 14% masuk dalam kategori rendah. Penerapan Discovery Learning sebagai model pembelajaran dalam meningkatkan Self-Regulated Learning siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan tindakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298261

Actions (login required)

View Item View Item