Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi persamaan linear satu variabel ditinjau dari tingkat berpikir kritis / Nabila Qurrota A\'yun</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi persamaan linear satu variabel ditinjau dari tingkat berpikir kritis / Nabila Qurrota A\'yun</p>

A'yun, Nabila Qurrota (2023) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi persamaan linear satu variabel ditinjau dari tingkat berpikir kritis / Nabila Qurrota A\'yun</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dengan tingkat berpikir kritis (TBK) 0 1 dan 2 dalam menyelesaikan soal cerita materi persamaan linear satu variabel berdasarkan prosedur Newman serta mengetahui faktor penyebab dari kesalahan tersebut . Penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan subjek sebanyak 3 siswa kelas VII C SMP Taman Siswa Kota Malang dengan TBK 0 1 dan 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tulis dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa soal cerita materi persamaan linear satu variabel dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian siswa dengan TBK 0 melakukan kesalahan di setiap tahapan Newman yaitu tahap membaca tahap memahami masalah tahap transformasi tahap keterampilan proses dan tahap penulisan. Adapun siswa dengan TBK 1 melakukan kesalahan pada tahap transformasi tahap keterampilan proses dan tahap penulisan. Sedangkan siswa dengan TBK 2 melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses dan tahap penulisan. Faktor utama yang mengakibatkan siswa melakukan kesalahan adalah siswa kurang memahami materi dan konsep persamaan linear satu variabel. Sedangkan faktor penyebab yang lain yaitu siswa kurang memahami masalah pada soal kurangnya keterampilan siswa dalam mengubah soal cerita ke dalam model matematika serta tergesa-gesa dan kurang teliti dalam melakukan perhitungan dalam menyelesaikan soal maupun menuliskan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/298224

Actions (login required)

View Item View Item