Alamin, Zhorif Furqan Alamin (2023) analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah berdasarkan teori newman pada materi perbandingan / Zhorif Furqan Alamin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penyelesaian masalah pada materi perbandingan merupakan salah satu materi dalam matematika yang membuat siswa mengalami banyak kesalahan. Maka dari itu untuk mengetahui alasan yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam memahami masalah perbandingan perlu dilakukan penelitian tentang analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah perbandingan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa serta faktor penyebab kesalahan siswa berdasarkan prosedur analisis kesalahan Newman dalam menyelesaikan masalah pada materi perbandingan. Penelitian ini dilaksanakan terhadap siswa kelas VII pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 di SMP Negeri 1 Kepanjen. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes siswa dalam mengerjakan 2 masalah yang diberikan dan hasil wawancara terhadap empat siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kesalahan membaca dilakukan oleh 34.35% siswa kesalahan memahami dialami oleh 44.37% siswa kesalahan transformasi dialami oleh 60.93% siswa dan kesalahan keterampilan proses dialami oleh 73.43% siswa serta kesalahan penulisan jawaban akhir dialami oleh 48.43% siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/298211 |
Actions (login required)
View Item |