Fakharuddin, Akhmad (2012) Implementasi kurikulum muatan lokal di Sekolah Dasar Negeri Wajak 01 Kabupaten Malang / Akhmad Fakharuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kurikulum Muatan Lokal Implementasi Sekolah Dasar Kurikulum muatan lokal adalah seperangkat rencana pembelajaran yang di kembangkan oleh masing-masing satuan pendidikan yang secara keseluruhan dikaitkan kebutuhan daerah lokal ciri khas dan potensi daerah setempat. Dan didalam implementasinya substansi muatan lokal tersebut di rencanakan dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan. Hal tersebut yang mendasari SDN. Wajak 01 Kabupaten Malang sebagai satuan pendidikan dasar untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi kurikulum sekolah melalui implementasi kurikulum muatan lokal. Implementasi kurikulum muatan lokal tersebut dimulai dari tahap perencanaan hingga pada tahap pelaksanaan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan sebuah pola kurikulum muatan lokal yang dapat dijadikan sebagai kerangka acuan bagi pengembangan kurikulum dan sistematika terhadap lembaga dan sekolah setempat dan sekolah-sekolah disekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian deskriptif (Descriptive Research). Sumber data dalam penelitian tentang implementasi kurikulum muatan lokal ini meliputi seluruh guru bidang studi muatan lokal dan kepala sekolah. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa (1). Perencanaan kurikulum muatan lokal di SDN. Wajak 01 Kabupaten Malang telah direncanakan oleh sekolah dengan menganalisis potensi daerah yang telah ada. Perencanaan tidak dilakukan sepenuhnya oleh pihak sekolah yang terdiri dari kepala sekolah guru muatan lokal dan komite sekolah. Para wali murid juga diikut sertakan dalam sosialisasi kurikulum muatan lokal. Kelayakan dan manfaat muatan lokal bagi siswa daerah setempat masih kurang. Dan daya dukung internal maupun eksternal telah cukup memadai. Silabus serta rpp yang digunakan masih belum memadai (2). Pelaksanaan kurikulum muatan lokal di SDN. Wajak 01 Kabupaten Malang terlaksana dengan suasana pembelajaran yang kurang baik. Ketertarikan siswa secara umum berlangsung dengan sangat baik namun kegiatan pembelajaran belum didukung dengan media pembelajaran yang memadai. Gaya mengajar dan teknik penilaian guru sangat beragam. Pada umumnya guru masih menggunakan pembelajaran tradisional dengan berceramah. Dan penilaian guru umumnya masih dilakukan dengan memberikan tugas dan pekerjaan rumah (PR).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |