Peningkatan aspek kognitif keunikan tari tradisional melalui model pembelajaran learning start with question siswa kelas viii e smpn 01 kasembon / Widi Dwijati Anggara - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aspek kognitif keunikan tari tradisional melalui model pembelajaran learning start with question siswa kelas viii e smpn 01 kasembon / Widi Dwijati Anggara

Anggara, Widi Dwijati Anggara (2023) Peningkatan aspek kognitif keunikan tari tradisional melalui model pembelajaran learning start with question siswa kelas viii e smpn 01 kasembon / Widi Dwijati Anggara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

1 Kasembon siswa mengalami kendala menyebabkan ketidaktuntasan hasil belajar pada ranah kognitif. Kendala yang dihadapi kurangnya antusias dan berkonsentrasi dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan sebelumnya kurang memacu keaktifan siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran learning start a with question dalam peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif materi keunikan tari tradisional. Metode yang digunakan penelitian adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dua siklus yakni siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus mencakup empat tahap yakni perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Pembelajaran diawali sebuah pertanyaan yang diberikan guru sebagai awal pembelajaran. Siswa diminta mengajukan jawaban berdasarkan pengetahuan dan pengalaman belajar sebelumnya. Siswa dituntut mengajukan pertanyaan mengenai materi yang belum dipahami pada pembelajaran sebelumnya. Hasil penelitian membuktikan penerapan model pembelajaran LSQ mampu meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Sebelum diadakan penelitian ketuntasan hasil belajar mencapai 34 persen kemudian meningkat 53 persen pada siklus 1 dan meningkat 84 persen pada siklus 2. Sehingga penerapan model pembelajaran LSQ berhasil meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif yakni siswa berpikir kristis terampil menyusun pertanyaan dan jawaban serta aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297822

Actions (login required)

View Item View Item