Struktur gerak tari sasanjung pada sanggar tari kuwung wetan di kabupaten banyuwangi / Radika Amalia Setyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Struktur gerak tari sasanjung pada sanggar tari kuwung wetan di kabupaten banyuwangi / Radika Amalia Setyaningrum

Setyaningrum, Radika Amalia Setyaningrum (2023) Struktur gerak tari sasanjung pada sanggar tari kuwung wetan di kabupaten banyuwangi / Radika Amalia Setyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tari Sasanjung yaitu tarian kreasi yang bertumpu pada vokabuler gerak tradisi Banyuwangi yang merupakan penggambaran karakteristik dari sosok Dewi Sritanjung. Dewi Sritanjung memiliki paras yang cantik tegas jujur dan setia. Karakteristik tersebut yang melatarbelakangi karya Tari Sasanjung ini diciptakan. Dalam sebuah karya tari terdapat struktur gerak tari. Struktur gerak adalah urutan bentuk tari. Struktur gerak Tari Sasanjung memiliki keunikan tersendiri dari tari Banyuwangi yang lain meskipun ragam gerak tari Banyuwangi sering didapatkan melalui gerak gandrung pada tari ini ragam gerak dikembangkan dalam bentuk ragam baru sehingga memiliki ciri tersendiri dari tari Banyuwangi yang ada. Terdapat keunikan dalam Tari Sasanjung yaitu selendang yang dibentangkan sehingga seluruh tubuh tertutup oleh selendang tersebut. Gerakan tersebut merupakan salah satu gerakan yang mengimplementasikan kepribadian Tari Sasanjung. Tari Sasanjung memiliki kepribadian yang tegas dalam tarian ini ditunjukkan dengan gerakan merobek kain di bagian akhir tarian Sasanjung lalu memiliki paras yang cantik hingga banyak orang yang ingin mempersuntingnya kepribadian ini dituangkan dalam gerak kain dibentangkan kebawah sehingga menutup bagian wajah hingga kaki yang smenggambarkan Dewi Sritanjung berada di dalam kamar. Tujuan peneliti ialah untuk mendeskripsikan struktur gerak dalam tarian yang bernama Sasanjung pada Sanggar Tari Kuwung Wetan di Kabupaten Banyuwangi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi wawancara dokumentasi serta verifkasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian menghasilkan 1) 19 unsur gerak kepala badan tangan dan kaki 2) 7 motif gerak statis dan dinamis 3 ) 7 ragam gerak pembuka inti dan penutup serta 4) 6 ragam dalam paragraf pembuka terdapat 3 ragam dalam paragraf inti dan terdapat 2 ragam dalam paragraf penutup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297810

Actions (login required)

View Item View Item