Eksistensi kesenian jaranan dor anusopati di desa kidal kecamatan tumpang kabupaten malang / Achmad Nur Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksistensi kesenian jaranan dor anusopati di desa kidal kecamatan tumpang kabupaten malang / Achmad Nur Fauzi

Fauzi, Achmad Nur Fauzi (2023) Eksistensi kesenian jaranan dor anusopati di desa kidal kecamatan tumpang kabupaten malang / Achmad Nur Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pertunjukan Jaranan Dor Anusopati merupakan bagian tak terpisahkan dari masyarakat Desa Kidal Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Meskipun telah menjadi sebuah tradisi pertunjukan ini tetap mendapat penerimaan luas dari masyarakat. Setiap pertunjukan Jaranan Dor Anusopati melibatkan partisipasi dari masyarakat pemerintah dan para seniman hal ini dikarenakan pertunjukan ini bergerak dinamis mengikuti perkembangan zaman. Pertunjukan Jaranan Dor Anusopati yang terus diselenggarakan oleh masyarakat telah menjaga eksistensinya dari tahun 2019-2022. Dalam perkembangannya musik yang digunakan dalam pertunjukan juga mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan bentuk pertunjukan pertunjukan Jaranan Dor Anusopati di Desa Kidal 2) mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap eksistensi pertunjukan Jaranan Dor Anusopati di Desa Kidal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif karena data yang diberikan berbentuk deskripsi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara observasi dan dokumentasi. Proses triangulasi sumber dan teknik digunakan untuk memastikan keabsahan data.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa bentuk pertunjukan pertunjukan Jaranan Dor Anusopati di Desa Kidal terdiri dari beberapa tahapan yaitu suguh pembuka kembangan kalapan dan penutup. Selain itu faktor eksistensi yang mempengaruhi pertunjukan Jaranan Dor Anusopati di Desa Kidal terdiri dari faktor internal yang berasal dari masyarakat dan para seniman serta faktor eksternal yang berhubungan dengan lingkungan dan dukungan pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297760

Actions (login required)

View Item View Item