Struktur gerak tari remo bolet gaya ali markasa kecamatan ploso kabupaten jombang / Teresya Margaretha - Repositori Universitas Negeri Malang

Struktur gerak tari remo bolet gaya ali markasa kecamatan ploso kabupaten jombang / Teresya Margaretha

Margaretha, Teresya Margaretha (2023) Struktur gerak tari remo bolet gaya ali markasa kecamatan ploso kabupaten jombang / Teresya Margaretha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jombang merupakan daerah yang perkembangan keseninya memiliki kekhasan pada seni pertunjukan misalnya Tari Remo Bolet. Tari Remo Bolet merupakan tari pembuka kesenian Ludruk Jombang dengan beberapa gaya yang geraknya didasari spontanitas penari saat membawakannya. Seniman Remo Jombang memiliki inovasi tersendiri dalam perkembangan tari Remonya. Salah satu Tari Remo yang menarik perhatian masyarakat yaitu Tari Remo Bolet Gaya Ali Markasa. Tarian tersebut memiliki ciri khas gerak rancak pada teknik permainan sampur dan tendangannya yang menggambarkan gaya Ali Markasa. Namun di Jombang eksistensi tari ini sangatlah rendah karena memiliki gerak dan teknik yang rumit dan menyebabkan hanya sedikit orang yang ingin mengetahui tentang tarian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi gerak dari Tari Remo Bolet Gaya Ali Markasa sehingga eksistensi dan minat masyarakat untuk mempelajari Tari Remo Bolet Gaya Ali Markasa dapat meningkat. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi dari lima narasumber. Analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) deskripsi struktur gerak Tari Remo Bolet Gaya Ali Markasa Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang berupa data deskripsi gerak serta visual berupa gambar/foto. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi penelitian selanjutnya dan menambah literasi mengenai Tari Remo Bolet Gaya Ali Markasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297758

Actions (login required)

View Item View Item