Efektivitas penggunaan musik low fidelity (lo-fi) terhadap konsentrasi belajar pada siswa kelas xi mipa mata pelajaran fisika di sman 1 dramaga bogor / Qotrunnada Haq - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan musik low fidelity (lo-fi) terhadap konsentrasi belajar pada siswa kelas xi mipa mata pelajaran fisika di sman 1 dramaga bogor / Qotrunnada Haq

Haq, Qotrunnada Haq (2023) Efektivitas penggunaan musik low fidelity (lo-fi) terhadap konsentrasi belajar pada siswa kelas xi mipa mata pelajaran fisika di sman 1 dramaga bogor / Qotrunnada Haq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsentrasi belajar penting dalam proses belajar terutama bagi pelajar atau siswa. Musik dapat menjadi metode untuk menambah konsentrasi belajar. Banyak penelitian yang menunjukan bahwa adanya pengaruh dari musik untuk meningkatkan maupun menurunkan konsentrasi belajar namun belum ada penelitian mengenai efektivitas penggunaan musik low fidelity (lo-fi) terhadap konsentrasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode true-experimental design dengan mengambil populasi siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Dramaga Bogor. Sampel kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 35 siswa. Instrumen pada penelitian ini menggunakan lembar observasi rincian RPP dan kuesioner. Kelas eksperimen menggunakan treatment musik lo-fi pada saat pembelajaran berlangsung dan kelompok kontrol tidak menggunakan musik lo-fi. Volume penggunaan musik lo-fi pada saat guru memaparkan materi yaitu sedang dan volume pada saat siswa diberikan tugas dan mengerjakan tugas yaitu tinggi. Penelitian menggunakan uji independent samples test dan menunjukkan bahwa hipotesis nol gagal ditolak. Hasil uji hipotesis didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0 444 yang berarti lebih besar dari 0 05 sehingga hipotesis nol gagal ditolak. Konsentrasi belajar siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dapat disimpulkan penggunaan musik low fidelity (lo-fi) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap konsentrasi belajar siswa kelas XI MIPA mata pelajaran fisika di SMAN 1 Dramaga Bogor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297746

Actions (login required)

View Item View Item