Bentuk pertunjukan angklung gubrag di kampung budaya sindang barang kabupaten bogor / Laily Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Bentuk pertunjukan angklung gubrag di kampung budaya sindang barang kabupaten bogor / Laily Safitri

Safitri, Laily Safitri (2023) Bentuk pertunjukan angklung gubrag di kampung budaya sindang barang kabupaten bogor / Laily Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Angklung gubrag merupakan kesenian tradisional sunda yang digunakan untuk menghibur Nyi Dewi Sri Pohaci. Pertunjukan angklung gubrag di Kampung Budaya Sindang Barang disajikan untuk ritual adat dan hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penyajian pada pertunjukan angklung gubrag sebagai hiburan. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan melalui pengamatan langsung bentuk penyajian angklung gubrag di Kampung Budaya Sindang Barang. Wawancara dilakukan dengan narasumber ketua adat kokolot seniman angklung gubrag dan tokoh budaya muda di Bogor. Penelitian ini menggunakan dokumen berupa video audio dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penyajian angklung gubrag di Kampung Budaya Sindang Barang disajikan secara ansambel campuran dan dimainkan oleh perempuan yang beranggotakan lima orang. Alat musik yang digunakan adalah angklung gubrag dan kendang dogdog lojor dengan susunan empat angklung gubrag dan satu kendang dogdog lojor. Urutan penyajian terdiri dari tiga bagian yaitu intro inti dan coda. Busana yang dikenakan adalah celana pangsi dan baju kampret dengan ikat kepala. Pemain angklung gubrag menggunakan riasan natural dalam penyajian. Formasi yang disajikan pada saat penyajian adalah kendang dogdog lojor berada di tengah-depan dan angklung gubrag berada di belakang sisi kanan-kiri kendang dogdog lojor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297741

Actions (login required)

View Item View Item