Bentuk pertunjukan wayang thengul di kampung thengul Kabupaten Bojonegoro / Zulmi Romadhoni</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Bentuk pertunjukan wayang thengul di kampung thengul Kabupaten Bojonegoro / Zulmi Romadhoni</p>

Romadhoni, Zulmi (2022) Bentuk pertunjukan wayang thengul di kampung thengul Kabupaten Bojonegoro / Zulmi Romadhoni</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wayang Thengul merupakan ikon kesenian Kabupaten Bojonegoro yang sedang diupayakan pelestariannya oleh Kampung Thengul sebuah kelompok pelestari budaya yang berasal dari Desa Sumberjo Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Kesenian wayang ini merupakan kesenian tradisional dengan jenis wayang tiga dimensi yang memiliki nilai keunikan dalam bentuk pertunjukannya dibandingkan kesenian wayang lainnya. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mendeskripsikan bentuk pertunjukan yang terdapat dalam kesenian Wayang Thengul yang diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) rumusan masalah diantaranya yaitu 1) instrumen musik Wayang Thengul di Kampung Thengul 2) perangkat panggung Wayang Thengul di Kampung Thengul dan 3) lakon atau cerita dalam Wayang Thengul di Kampung Thengul. Metode penulisan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan penulisan secara deskriptif. Data penelitian ini diperoleh malalui observasi wawancara dan dokumentasi secara langsung bersama lima narasumber antara lain Suwarno (dalang dan pengrajin Wayang Thengul) Ki Santoso (dalang dan pengrajin Wayang Thengul) Sutopo Hadi Susanto (dalang Wayang Thengul) Wintari (pengurus Kampung Thengul) dan Suroto (kepala desa Sumberjo). Hasil penelitian ini menyajikan data terkait dengan bentuk pertunjukan Wayang Thengul di Kampung Thengul Kabupaten Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297738

Actions (login required)

View Item View Item