Pasar terapung lok baintan sungai martapura dalam karya lukis tekstur / DANI DWI ARIANTO - Repositori Universitas Negeri Malang

Pasar terapung lok baintan sungai martapura dalam karya lukis tekstur / DANI DWI ARIANTO

Arianto, Dani Dwi Arianto (2023) Pasar terapung lok baintan sungai martapura dalam karya lukis tekstur / DANI DWI ARIANTO. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pasar terapung merupakan pasar tradisional yang kegiatan jual-belinya dilakukan diatas air dengan menggunakan Jukung (perahu) sebagai transportasinya. Perempuan memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan jual-belinya. Selain menjadi pelaku utama perempuan juga berperan sebagai pengumpul barang dagangan dan sebagai petani. Seiring berkembangnya zaman dapat menjadi suatu penyebab perubahan masyarakat melalui penyesuaian terhadap modernisasi yang secara perlahan dapat mengurangi aktivitas jual-beli di pasar terapung. Penciptaan karya seni ini bertujuan mengetahui mengenai konsep proses dan hasil. Selain itu pemilihan objek Pasar Terapung Lok Baintan merupakan bentuk apresiasi penulis akan semangat para perempuan dalam mencari nafkah sehari-harinya. Metode yang digunakan dalam proses penciptaan karya seni lukis ini dimulai dengan tahap eksplorasi dilanjutkan dengan tahap improvisasi dan diakhiri dengan tahap perwujudan. Prosedur penciptaan karya lukis diawali dengan membuat sketsa memindahkan sketsa dari kertas ke kanvas membuat adonan tekstur pembentukan tekstur pengeringan pewarnaan dan diakhiri dengan pelapisan karya. Pada penciptaan ini menghasilkan sebuah konsep yang dilanjut pada proses penciptaan yang divisualkan menjadi enam karya lukis yang berjudul Mendayung Berkah Baisukan (pagi) Pusaran Berkah Dayung Kehidupan Barisan Jukung dan Pulang. Keenam karya ini digelar di ruang pameran sebagai refleksi terhadap karya yang telah diciptakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297590

Actions (login required)

View Item View Item