Pewarnaan kain dengan bahan limbah kulit kopi di rumah batik tulis dewandaru wonosari kabupaten malang / Yolanda Afarah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pewarnaan kain dengan bahan limbah kulit kopi di rumah batik tulis dewandaru wonosari kabupaten malang / Yolanda Afarah

Afarah, Yolanda Afarah (2023) Pewarnaan kain dengan bahan limbah kulit kopi di rumah batik tulis dewandaru wonosari kabupaten malang / Yolanda Afarah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini pewarnaan kain penggunaan pewarna alami menjadi perhatian utama di industri batik Dewandaru karena penggunaan bahan kimia terbukti mencemari lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengolahan kulit kopi menjadi pewarna alam pengamplikasian pewarna tersebut pada kain serta kualitas warna yang dihasilkan. Penelitian dilakukan di Rumah Batik Tulis Dewandaru Wonosari Kabupaten Malang. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif sumber data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan Ibu Suherni sebagai pemilik Rumah Batik Tulis Dewandaru. Data sekunder didapatkan melalui dokumentasi meliputi foto dari proses ekstraksi kulit kopi dan proses pewarnaan penjemuran kain. Hasil penelitian untuk mendapatkan zat pewarna alami limbah kulit kopi diekstraksi menggunakan metode ekstraksi panas. Pewarna alami ini diaplikasikan ke kain melalui proses pewarnaan dengan menggunakan teknik perendaman. Telah di mordanting kain dimasukkan secara perlahan dan merata ke dalam larutan hasil ekstraksi kulit kopi lalu direndam sekitar plusmn 15 menit baru kemudian dijemur. Warna yang dihasilkan coklat terang sedang kualitas warna yang dihasilkan pada kain katun jepang masuk dalam kategori baik dan sesuai yang diharapkan Ibu Suherni pengrajin batik tulis Dewandaru. Untuk ketahanan warna karena proses pencelupan hanya dilakukan 1 kali maka mudah memudar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297563

Actions (login required)

View Item View Item