Tari lahbako Kabupaten Jember sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni batik lukis / Novi Ikfina Rosyida</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Tari lahbako Kabupaten Jember sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni batik lukis / Novi Ikfina Rosyida</p>

Rosyida, Novi Ikfina (2023) Tari lahbako Kabupaten Jember sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni batik lukis / Novi Ikfina Rosyida</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tari Lahbako merupakan tarian yang menjadi ikon daerah Kabupaten Jember. Tarian ini memiliki keunikan gerak tari dan unsur rupa sehingga menarik untuk diangkat sebagai ide penciptaan batik lukis. Kurangnya variasi karya seni yang memiliki corak visual khas daerah di Kabupaten Jember mendorong penulis untuk merepresentasikan Tari Lahbako kedalam karya seni batik lukis. Penciptaan ini diharapkan mampu memperkaya ragam visual berupa batik lukis Tari Lahbako untuk Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode kreatif yang meliputi penggalian ide dan perumusan konsep eksplorasi visual dan teknik dan perwujudan karya. Prosedur penciptaan diawali dengan pembuatan sketsa digital memindahkan sketsa pada kain pencantingan pewarnaan penguncian warna dan finishing. Hasil penciptaan sebanyak enam kain dipamerkan pada gelar karya sebagai karya seni murni dengan judul Omber (Muncul) Namen (Menanam) Mekkar (Mekar) Molong (Memetik) Akolat (Menjemur) dan Barattha (Menyebar). Keenam karya diciptakan menggunakan teknik colet untuk pewarnaan menggunakan pewarna remasol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297545

Actions (login required)

View Item View Item