Identifikasi visual wayang beber cerita remeng mangunjoyo karya siswa sma negeri 1 pacet / Dimas Wahyu Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi visual wayang beber cerita remeng mangunjoyo karya siswa sma negeri 1 pacet / Dimas Wahyu Kurniawan

Kurniawan, Dimas Wahyu Kurniawan (2023) Identifikasi visual wayang beber cerita remeng mangunjoyo karya siswa sma negeri 1 pacet / Dimas Wahyu Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto tepatnya di SMA Negeri 1 Pacet sekarang mulai diperkenalkan kesenian wayang beber. Dengan memasukkan kesenian wayang beber sebagai bahan ajar pada mata pelajaran seni budaya untuk siswa kelas XII. Wayang beber karya siswa tersebut memiliki keunikan juga dikreasikan secara visual maupun setting cerita yang dibawakan. berurutan sesuai dengan narasi cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih detail tentang visual dan cerita wayang beber karya siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Pacet Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa visual wayang beber karya siswa kelas XII MIA 1 mereka mengkreasikan dengan memasukkan beberapa unsur dari salah satu serial kartun fantasi seperti bentuk figur wayang tanaman dan bangunan. Teknik pewarnaan yang digunakan yaitu teknik plakat dan sungging. Komposisi figur dan elemen visual wayang beber menggunakan komposisi simetris dan asimetris Pada alur cerita yang dibawakan diambil dari Buku Wayang Beber Wonosari karya Bagyo Suharyono. Terdapat beberapa perbedaan cerita Remeng Mangunjoyo karya siswa dengan Buku Wayang Beber Wonosari yaitu dari 20 adegan menjadi 4 adegan dan setting cerita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297494

Actions (login required)

View Item View Item