Bunga anggrek sebagai sumber ide dalam penciptaan motif batik tulis untuk kain sandang / Nanda Anjani Ramadhanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Bunga anggrek sebagai sumber ide dalam penciptaan motif batik tulis untuk kain sandang / Nanda Anjani Ramadhanti

Ramadhanti, Nanda Anjani Ramadhanti (2022) Bunga anggrek sebagai sumber ide dalam penciptaan motif batik tulis untuk kain sandang / Nanda Anjani Ramadhanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keanekaragaman flora di Indonesia menjadikan Indonesia kaya akan sumber daya alam salah satunya adalah anggrek. Tanaman hias ini memiliki ribuan jenis dan tersebar di seluruh Indonesia dari ribuan jenis anggrek pencipta memilih lima anggrek. Alasannya karena dua diantaranya merupakan tanaman anggrek yang dilindungi terdapat jenis anggrek mini dan memiliki keunikan yang berbeda dari jenis lainnya. Tujuan skripsi penciptaan ini adalah untuk menunjukkan bagaimana proses eksplorasi konsep bagaimana proses visualisasi dan penerapan motif pada kain dan bagaimana penyajian hasil kreasi batik. Metode yang digunakan yaitu metode penciptaan tiga tahap dari Gustami yang terdiri dari eksplorasi perancangan dan perwujudan. Dari tiga tahap ini untuk mewujudkan karya pencipta menggali informasi dengan cara observasi secara langsung ke tempat budidaya anggrek sebagai penguat data. Lalu hasil data yang diperoleh dikembangkan dan terwujudlah enam karya batik tulis terapan yang disajikan dalam kain sandang berupa kemeja dan outer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297492

Actions (login required)

View Item View Item