Ikan mujair sebagai inspirasi penciptaan produk kriya anyam interior / Erlya Rosa Dina - Repositori Universitas Negeri Malang

Ikan mujair sebagai inspirasi penciptaan produk kriya anyam interior / Erlya Rosa Dina

Dina, Erlya Rosa (2023) Ikan mujair sebagai inspirasi penciptaan produk kriya anyam interior / Erlya Rosa Dina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap daerah memiliki potensi yang dijadikan sebagai ciri khas atau pengenal daerahnya. Tidak terkecuali desa Senggreng yang merupakan kawasan wisata air dengan potensi bidang perikanan berupa ikan Mujair. Ikan Mujair sebagai identitas desa kurang dikenal publik luar sehingga penting produk ini untuk di ciptakan. Terdapat juga keinginan masyarakat desa untuk memiliki karya seni yang dapat memvisualisasikan ciri khas tersebut. Dalam penerapannya menggunakan metode artistik SP. Gustami (2004) yang terdiri dari tahap eksplorasi perancangan dan perwujudan. Dari hasil eksplorasi desa ditetapkan ikan Mujair sebagai ide gagasan untuk diwujudkan dalam bentuk karya kriya berbahan dasar rotan dengan teknik anyam pola sumbu empat dan teknik tempel. Tujuan penciptaan untuk menghasilkan karya kriya anyam penunjang interior sebagai penguat identitas desa. Proses artistik diawali dengan pengumpulan data melalui studi pustaka observasi tempat wawancara pembudidaya ikan Mujair dan perangkat desa dokumentasi pembuatan sketsa persiapan bahan dan alat pemotongan dan pembentukan rotan perangkaian karya membuat lembar anyaman pemasangan material pendukung finishing. Hasil eksplorasi mendapati batang rotan yang memiliki rongga kecil-kecil dan elastis dapat di lekukan menjadi konstruksi-konstruksi oval maupun bentuk non-simetris yang berbentuk ikan melalui teknik perendaman pembakaran penempelan dan perakitan sehingga cocok dijadikan material berkarya kriya anyam interior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:29
Last Modified: 05 Dec 2023 07:12
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297486

Actions (login required)

View Item View Item