Reog ponorogo sebagai sumber ide penciptaan portrait photography / Heru Setya Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Reog ponorogo sebagai sumber ide penciptaan portrait photography / Heru Setya Rahman

Rahman, Heru Setya Rahman (2023) Reog ponorogo sebagai sumber ide penciptaan portrait photography / Heru Setya Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karisidenan Madiun khususnya Ponorogo dan sekitarnya yang dulunya kental akan kesenian Reog Ponorogo kini mulai menurun popularitasnya. Hal tersebut dikarenakan isu tudingan miring terkait homoseksual antara tokoh warok dengan gemblak sehingga menjadikan eksintensi kesenian Reog Ponorogo mulai memudar. Adanya klaim kesenian Reog Ponorogo oleh Malaysia pada UNESCO merupakan efek dari generasi sekarang yang kurang menjaga eksistensi seni tradisi tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis ingin memvisualisasikan sebuah karya fotografi seni dengan kesenian Reog Ponorogo sebagai sumber ide dengan menggunakan teknik portrait photography. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana fotografi seni dapat memvisualisasikan kegelisahan yang ingin penulis sampaikan dengan objek kesenian Reog Ponorogo. Di samping itu karya yang dibuat akan dipamerkan (gelar karya) yang diharapkan dapat mengapresiasi pengunjung sehingga lebih dikenal lagi sehingga membangun rasa cinta terhadap kebudayaan sendiri khususnya Reog Ponorogo yang semakin hari semakin berkurang peminatnya. Metode yang digunakan penulis yaitu metode dari L.H. Chapman yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap menemukan gagasan menyempurnakan dan visualisasi. Hasil dari penelitian ini menghasilkan enam seri karya fotografi bertemakan kesenian Reog Ponorogo. Adapun judul dari keenam serinya yakni Joyo (Berjaya) Ruwet (Rumit) Jaman (Zaman) Kasunyatan (Kenyataan) Adigang (Kuat) Saiki (Sekarang) dengan jumlah keseluruhan karya sebanyak 15 foto.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297479

Actions (login required)

View Item View Item