Ciri khas proses produksi batik di industri batik tatzaka desa tampo banyuwangi / Leni Kariatul Masruroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Ciri khas proses produksi batik di industri batik tatzaka desa tampo banyuwangi / Leni Kariatul Masruroh

Masruroh, Leni Kariatul Masruroh (2023) Ciri khas proses produksi batik di industri batik tatzaka desa tampo banyuwangi / Leni Kariatul Masruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Industri Batik Tatzaka merupakan salah satu industri yang termasuk dalam kawasan Kampung Batik Simbar. Di lingkup Kampung Batik Simbar Industri Batik Tatzaka dikenal memiliki proses pembuatan batik yang unik. Keunikan tersebut didapatkan dari proses pewarnaan dengan teknik smock menggunakan soda ash. Selain itu terdapat penggunaan lilin batik yang sebelumnya diolah dengan campuran kendal (lemak hewan). Dari proses tersebut akan menghasilkan visualisasi batik yang menjadi ciri khas dari Industri Batik Tatzaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bahan pembuatan lilin batik dan proses kreatif pewarnaan dengan teknik smock menggunakan soda ash serta visualisasi motif batik yang dihasilkan di Industri Batik Tatzaka. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini antara lain proses pewarnaan di Industri Batik Tatzaka menggunakan teknik smock dengan bahan soda ash dengan cara ditaburkan pada kain yang telah dikriwil yang hasilnya akan menciptakan gradasi dan pola warna abstrak. Penggunaan kendal / lemak pada lilin batik digunakan pada masa awal perintisan Industri. Formula ini sudah terbukti dapat menembus pori-pori kain dengan baik. Hasil visualisasi batik di Industri Batik Tatzaka merupakan kombinasi antara asli Batik Tatzaka dengan motif batik Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297478

Actions (login required)

View Item View Item