Tari muang sangkal di kabupaten sumenep sebagai ide penciptaan karya fotografi / Mega Putri Aulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Tari muang sangkal di kabupaten sumenep sebagai ide penciptaan karya fotografi / Mega Putri Aulia

Aulia, Mega Putri Aulia (2023) Tari muang sangkal di kabupaten sumenep sebagai ide penciptaan karya fotografi / Mega Putri Aulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tari Muang Sangkal merupakan salah satu kesenian tradisional yang berasal dari Kabupaten Sumenep Jawa Timur Indonesia. Tujuan utama pada tarian ini yaitu untuk menangkal malapetaka agar acara yang akan berlangsung berjalan dengan lancar. Tari Muang Sangkal sendiri memiliki gerakan yang khas meliputi gerakan tubuh tangan kaki yang dikombinasi dengan musik dan irama yang khas pula. Gerakan-gerakan tersebut menggambarkan kekuatan dalam menghadapi segala hal yang berkaitan dengan tolak bala yang memiliki maksud dan filosofi dibalik atraksinya tersebut. Tarian ini mencerminkan kepercayaan masyarakat Sumenep akan kekuatan spiritual yang dapat melindungi dari mara bahaya pada acara yang akan berlangsung. Maka penciptaan ini memiliki 2 tujuan. Tujuan yang pertama dari penciptaan ini yaitu untuk mendeskripsikan proses penciptaan karya fotografi dengan ide Tari Muang Sangkal. Tujuan kedua untuk mengetahui bagaimana fotografi dapat memvisualkan nilai-nilai religius yang ada dalam Tari Muang Sangkal. Metode yang digunakan dalam penciptaan ini yaitu meggunakan metode pendekatan dari L.H Chapman yang dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap permulaan tahap penyempurnaan dan tahap penyelesaian. Dari metode tersebut terciptalah sebuah karya dengan total enam karya yang diantaranya aleles ngaot penjhung muang beres beres koning lampah rep angka genjil. Teknik yang digunakan yaitu slow synchronization (sinkron lambat) yang memberikan efek gerakan blur selanjutnya hasil karya dapat difungsikan sebagai foto dokumenter serta referensi sebagai sumber data visual dalam penelitian akademis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297474

Actions (login required)

View Item View Item