Kecemasan remaja akibat bullying fisik sebagai inspirasi penciptaan karya seni grafis cetak tinggi / SETIANINGSIH - Repositori Universitas Negeri Malang

Kecemasan remaja akibat bullying fisik sebagai inspirasi penciptaan karya seni grafis cetak tinggi / SETIANINGSIH

Setianingsih (2023) Kecemasan remaja akibat bullying fisik sebagai inspirasi penciptaan karya seni grafis cetak tinggi / SETIANINGSIH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir ini banyak terjadi tindakan bullying di kalangan remaja sekolah. Salah satu jenis bullying yang terjadi di kalangan remaja adalah bullying fisik. Bullying fisik dapat berdampak buruk terhadap mental korban salah satunya kecemasan. Permasalahan tersebut penulis jadikan sebagai inspirasi dalam penciptaan karya grafis cetak tinggi ini. Tujuannya adalah penulis ingin memberikan gambaran mengenai kecemasan yang dialami korban akibat bullying fisik dan meningkatkan rasa empati serta rasa sosial generasi muda untuk tidak melakukan bullying yang dapat berdampak buruk bagi mental korban. Proses penciptaan karya grafis cetak tinggi ini menggunakan metode penciptaan L.H. Chapman yang terdiri dari tiga tahapan tahap pertama upaya menemukan gagasan atau sumber inspirasi tahap kedua menyempurnakan gagasan awal dan tahap ketiga proses visualisasi ke dalam medium. Dari proses penciptaan ini dihasilkan enam karya seni grafis linocut hand coloring antara lain berjudul trauma kegelapan dalam pikiran gelisah bertemu luka tiada tempat tenang diam yang menyakitkan dan memohon tak berpenghujung. Karya-karya tersebut kemudian digelar pameran untuk mendapatkan apresiasi dari pengunjung pameran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297472

Actions (login required)

View Item View Item