Ekspresi wajah bayi sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis / Ilham Al Ihksan</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Ekspresi wajah bayi sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis / Ilham Al Ihksan</p>

Ihksan, Ilham Al (2021) Ekspresi wajah bayi sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis / Ilham Al Ihksan</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ekspresi wajah merupakan bentuk atau visualisasi yang terbentuk dari adanya pergerakan otot pada area sekitar wajah. Gerakan ini biasanya disebabkan karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhinya mulai dari faktor internal yaitu yang timbul dari perasaan diri sendiri maupun eksternal yang timbul dari luar diri manusia. Wajah merupakan bagian dari tubuh manusia yang paling sering digunakan untuk berkomunikasi memberi isyarat atau bahkan untuk menunjukkan rasa emosi yang sedang dirasakan. Demikian halnya dengan bayi ketika menginginkan sesuatu akan nampak melalui ekspresi wajahnya. Ekspresi atau mimik wajah sebenarnya adalah salah satu bentuk komunikasi nonverbal yang merupakan hasil dari satu atau lebih gerakan otot pada wajah yang dapat menyampaikan keadaan emosi. Ide penciptaan karya seni lukis ini terinspirasi dari ekspresi unik wajah bayi yang lucu dan apa adaya. Alasan tersebut yang mendukung terciptaya keenam karya seni lukis ini. Pencipta menggunakan pendekatan metode berkarya seni dari Alma M. Hawkins. Metode ini memiliki tiga tahapan yaitu yang pertama tahap eksplorasi improvisasi dan yang terahir perwujudan. Dari tiga tahapan penciptaan ini kemudian dikembangkan oleh pencipta untuk melakukan proses penciptaan karya seni lukis. Berdasarkan hasil penciptaan karya seni lukis ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baik konsep berkarya wujud karya proses berkarya maupun kreativitas melalui pemikiran pencipta dalam berkarya seni. Selain itu berharap dapat menyalurkan pengetahuan berbagai ekspresi wajah unik bayi yang telah dipelajari oleh pencipta kepada masyarakat sekitar melalui karya seni lukis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297458

Actions (login required)

View Item View Item