Tanaman pecut kuda sebagai sumber ide penciptaan motif batik tulis pada busana wanita / Ira Kusherawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Tanaman pecut kuda sebagai sumber ide penciptaan motif batik tulis pada busana wanita / Ira Kusherawati

Kusherawati, Ira Kusherawati (2023) Tanaman pecut kuda sebagai sumber ide penciptaan motif batik tulis pada busana wanita / Ira Kusherawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tumbuhan Pecut Kuda (Stachytarpheta Jamaicensis (L.)Vhal.)ialah salah satu tanaman herbal yang memiliki karakteristik unik. Keunikan tanaman Pecut Kuda menjadi ketertarikan penulis untuk menciptakan suatu karya kriya seni terapan batik tulis dengan sumber inspirasi motif yang diciptakan dari pengembangan visual tumbuhan Pecut Kuda yang mudah untuk distilasi bentuk meliputi daun bunga tangkai bungadanbeberapa visual manfaatnya. Selain itu tanaman Pecut Kuda belum ada yang mengambil untuk diciptakan sebagai motif batik. Karya ini diciptakan bertujuan guna meningkatkan kreativitas dalam menciptakan motif batik baru pada busanawanita dari berbagai variasi model dan cuttingan baju ke dalam fashion yang lebih stylish ketika dipakai terutama digenerasi muda. Metode penciptaan ini menggunakan teori penciptaan seni yang digagas oleh SP. Gustami yang terdiri dari tiga tahapan ialah eksplorasi perancangan serta pewujudan. Hasil penciptaan ini menghasilkan enam karya batik tulis terapan meliputi tiga busana outer wanita dan tiga kain batik jarik ikat lilit berjudul Sekar Laru Latar Ireng Sekar Laru Latar Biru Muda Sekar laru Latar Biru Tua Maneka Hati Warna Warni Lereng Ireng (hitam) Sekar Laru dan Sederhana Cantik dan Menyala. Teknik pewarnaan yang dilakukan yaitu colet dan tutup celup dengan jenis pewarna remasol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297454

Actions (login required)

View Item View Item