Potensi lokal gua selomangleng sebagai insprirasi penciptaan cinderamata kriya tenun ikat kediri / Debby Kartika Fitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Potensi lokal gua selomangleng sebagai insprirasi penciptaan cinderamata kriya tenun ikat kediri / Debby Kartika Fitri

Fitri, Debby Kartika Fitri (2023) Potensi lokal gua selomangleng sebagai insprirasi penciptaan cinderamata kriya tenun ikat kediri / Debby Kartika Fitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gua Selomangleng merupakan salah satu wisata andalan yang ada di Kota Kediri. Akan tetapi objek wisata tersebut belum memiliki produk cinderamata yang khusus sehingga perlu adanya pengembangan produk cinderamata kriya dan sebagai sarana meningkatkan citra kawasan wisata juga Kota Kediri. Selain itu Kota Kediri memiliki produk kriya yaitu tenun ikat. Sehingga produk bermedia tenun ikat Kediri berupa cinderamata hiasan dinding. Hiasan dinding dijadikan sebagai produk cinderamata dengan harapan produk dapat menjadi media promosi ketika produk diletakkan pada suatu ruangan. Penggunaan media tenun ikat Kediri diharapkan menjadi salah satu perpaduan antara produk kriya khas Kediri dan produk cinderamata untuk produk dijual media promosi dan meningkatkan perekonomian warga setempat. Untuk mencapainya diperlukan metode kreasi. Adapun metode kreasi dalam penelitian ini mengacu pada pendapat S.P. Gustami. Yakni meliputi tahapan eksplorasi tahapan perancangan dan tahapan perwujudan. Temuan pada saat penelitian yaitu (1) mengetahui bahwa tenun ikat menggunakan dua jenis benang yaitu benang pakan dan benang lungsi (2) teknik pewarnaan (3) tenik desain motif (4) dan kurangnya informasi mengenai objek dan sejarah yang ada. Penelitian diharapkan pembaca dapat mengetahui dan merasakan pengalaman estetis dan juga sebagai sumber literasi pembelajaran seni budaya bagi pendidikan di Indonesia khususnya Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297449

Actions (login required)

View Item View Item