Makna idiomatik berunsur naga (lóng) oleh pengguna media sosial weibo periode 2022 / Hanna Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna idiomatik berunsur naga (lóng) oleh pengguna media sosial weibo periode 2022 / Hanna Firdaus

Firdaus, Hanna Firdaus (2023) Makna idiomatik berunsur naga (lóng) oleh pengguna media sosial weibo periode 2022 / Hanna Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan memperoleh makna dari idiom berunsur naga ( L oacute ng) dalam bahasa Mandarin oleh pengguna jejaring sosial Weibo pada Februari 2022. Teknik penelitian yang dipergunakan ialah analisis kualitatif deskriptif melalui metode simak bebas libat cakap. Sumber data penelitian ini berupa postingan komentar dan interaksi pengguna Weibo yang mengandung frasa idiomatik berunsur naga ( L oacute ng) selama periode bulan Februari tahun 2022. Data tersebut dianalisis untuk mengungkap makna leksikal dan makna idiomatik dari masingmasing idiom serta contoh dan frekuensi penggunaannya. Hasil temuan menunjukkan delapan frasa idiom Mandarin berunsur naga ( L oacute ng) yang ditemukan di Weibo pada periode yang diteliti. Makna idiom mencakup konsep naga sebagai makhluk mitologis Tiongkok yang kuat beberapa idiom terbentuk dari mitos ataupun cerita rakyat yang berkembang di dalam masyarakat Tiongkok. Perolehan penelitian memperlihatkan bahwasanya ada variasi makna yakni positif positif dan netral serta negatif. Empat diantaranya memiliki makna positif yang menunjukkan keberhasilan keunggulan semangat serta keindahan sementara dua memiliki makna negatif terkait sindiran dan bahaya kemudian satu memiliki makna ganda yaitu makna positif dan netral bergantung dengan konteks penggunaannya. Dari keseluruhan delapan idiom naga ( L oacute ng) pada bahasa Mandarin yang paling banyak dipergunakan ialah makna positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297258

Actions (login required)

View Item View Item