Pengembangan buku suplemen digital gramatika untuk pembelajaran bahasa mandarin setingkat hsk 3 / Witi Rahma Padilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku suplemen digital gramatika untuk pembelajaran bahasa mandarin setingkat hsk 3 / Witi Rahma Padilah

Padilah, Witi Rahma Padilah (2023) Pengembangan buku suplemen digital gramatika untuk pembelajaran bahasa mandarin setingkat hsk 3 / Witi Rahma Padilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membuat bahan ajar gramatika tambahan berbahasa Indonesia guna menambah sumber belajar bagi pembelajar bahasa Mandarin. Bahan ajar gramatika ini berbentuk digital yang mudah dipahami dan mudah diakses dimana saja menggunakan telepon genggam gawai laptop maupun komputer. Model ADDIE adalah model yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini dengan proses pengembangan berupa Analyze Design Development Implement dan Evaluation. Data disajikan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang didapatkan yaitu bahan ajar digital gramatika ini sangat valid. Hal ini berdasarkan penilaian ahli materi dengan persentase 72 50% terkategori lsquo valid rsquo dan penilaian dari ahli media dengan persentase 93.75% terkategori lsquo sangat valid rsquo . Uji coba bahan ajar digital gramatika ini juga telah dilakukan dengan 36 mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Mandarin kelas A angkatan 2022 Universitas Negeri Malang sebagai subjek penelitian dengan persentase penilaian 88 40% dan masuk dalam kategori lsquo sangat valid rsquo . Berdasarkan data validasi ahli materi dan ahli media serta hasil uji coba pada mahasiswa bisa disimpulkan bahwa bahan ajar digital gramatika ini menarik mudah dimengerti mudah diakses dan membantu dalam pembelajaran bahasa Mandarin khususnya pada gramatika pada tema jenis kata (c iacute l egrave i) dan unsur kalimat (j ugrave z igrave ch eacute ngf egrave n).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297257

Actions (login required)

View Item View Item