Rowati, Helen Amelia Rowati (2023) Penggunaan aplikasi line webtoon oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa mandarin angkatan 2021 universitas negeri malang dalam matakuliah membaca ii / Helen Amelia Rowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Membaca merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang bertujuan untuk mendapatkan suatu informasi yang disampaikan penulis melalui kata-kata kepada pembaca. Untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca bahasa asing siswa diperlukan sebuah media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran tersebut adalah media berbasis smartphone yaitu aplikasi Line Webtoon. Line Webtoon merupakan aplikasi komik yang dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa asing termasuk bahasa Mandarin. Menurut mahasiswa yang sedang menempuh matakuliah Membaca II mereka kesulitan menghafal Hanzi. Selain itu banyak mahasiswa yang tidak mengetahui apa arti dari Hanzi tersebut sehingga pada saat membaca suatu kalimat mereka tidak mengerti apa maksud dari kalimat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi Line Webtoon dan respons mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi Line Webtoon pada matakuliah Membaca II. Metode yang digunakan peneliti untuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Line Webtoon berjalan dengan baik dan lancar. Hasil angket menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Line Webtoon mendapat respons positif dari mahasiswa karena mahasiswa merasa Line Webtoon dapat meningkatkan kemampuan membaca dan membuat mahasiswa lebih tertarik untuk membaca bahasa Mandarin. Selain itu mahasiswa juga mudah memahami Hanzi yang terdapat pada bacaan dengan bantuan ilustrasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/297251 |
Actions (login required)
View Item |