Penggunaan fitur reels instagram untuk keterampilan berbicara bahasa jerman bagi siswa sma negeri 6 malang / Ummu Habibah Assabani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan fitur reels instagram untuk keterampilan berbicara bahasa jerman bagi siswa sma negeri 6 malang / Ummu Habibah Assabani

Assabani, Ummu Habibah Assabani (2023) Penggunaan fitur reels instagram untuk keterampilan berbicara bahasa jerman bagi siswa sma negeri 6 malang / Ummu Habibah Assabani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa merupakan hal penting yang digunakan untuk berkomunikasi. Komunikasi yang tepat diperlukan dalam proses pembelajaran agar pengajar dapat menyampaikan pembelajaran dengan baik kepada peserta didik. Selain komunikasi yang baik terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan pengajar untuk menarik minat siswa dalam belajar yaitu dengan menggunakan media sosial. Salah satu media sosial yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yaitu dengan menggunakan fitur Reels Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan dan respon dari peserta didik mengenai media fitur Reels Instagram sebagai media dalam pembelajaran terhadap keterampilan berbicara bahasa Jerman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subyek peserta didik sejumlah 32 orang dari kelas XI IPS 4 SMA Negeri 6 Malang. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar angket yang diberikan ke peserta didik. Untuk menjawab tujuan pertama didapatkan dari hasil lembar observasi yang telah diamati oleh dua orang observer bahwa kegiatan pembelajaran berjalan sesuai dengan rencana pembelajaran. Selain itu melalui penerapan media ini pembelajaran berjalan lebih kondusif dan terarah karena peserta didik aktif bertanya saat peneliti menjelaskan bagaimana penggunaan Reels Instagram untuk tugas yang akan diberikan nantinya. Selanjutnya terkait tujuan yang kedua mengenai respon peserta didik melalui angket G-form didapatkan hasil bahwa Reels Instagram cukup mudah digunakan dan dipahami bagi peserta didik. Dari Kesimpulan penelitian ini adalah media sosial Instagram dapat menarik minat serta dapat membantu peserta didik dalam belajar bahasa Jerman. Hal ini dapat diketahui dari respon yang disampaikan peserta didik melalui angket yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297124

Actions (login required)

View Item View Item