Penggunaan metode kreativ-imitatives schreiben (kis) oleh mahasiswa prodi pendidikan bahasa jerman dsj-fs-um dalam menulis märchen / Jimmy Reynaldi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode kreativ-imitatives schreiben (kis) oleh mahasiswa prodi pendidikan bahasa jerman dsj-fs-um dalam menulis märchen / Jimmy Reynaldi

Reynaldi, Jimmy Reynaldi (2023) Penggunaan metode kreativ-imitatives schreiben (kis) oleh mahasiswa prodi pendidikan bahasa jerman dsj-fs-um dalam menulis märchen / Jimmy Reynaldi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan penelaahan M auml rchen hasil karangan mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Departemen Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (setelah itu disebut DSJ-FS-UM) Angkatan 2019 ciri-ciri M auml rchen tidak terdapat di dalamnya yaitu latar waktu atau tempat yang disampaikan di awal cerita. Hal tersebut disebabkan oleh kesulitan dalam hal permulaan menulis dan penuangan ide serta kreativitas yang dihadapi oleh mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan metode Kreativ-Imitatives Schreiben (setelah itu disebut KIS) yang dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan kreativitasnya dengan cara meniru teks model dari segi isi dan gaya bahasa. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan metode KIS yang dilakukan oleh mahasiswa DSJ-FS-UM ketika menulis karangan berupa M auml rchen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah lima mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman DSJ-FS-UM angkatan 2020 beserta teks karangannya. Dalam penelitian ini terdapat dua data yaitu kata frasa atau kalimat dalam teks karangan mahasiswa yang terdapat perbedaan dengan teks model dan data pendukung berupa respons mahasiswa. Data tersebut dikumpulkan oleh peneliti yang bertindak sebagai Human Instrument dengan bantuan instrumen pendukung yaitu lembar tugas serta lembar kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode KIS mempengaruhi kreativitas para mahasiswa dalam menulis teks karangannya. Dengan menggunakan metode KIS mahasiswa dapat menceritakan bagian pengenalan tokoh dan akibat dari munculnya masalah dengan cara mereka sendiri meskipun di dalamnya terdapat kesamaan dengan teks model. Sementara itu para mahasiswa menceritakan pada bagian lainnya dengan menggunakan kreativitas mereka sendiri sehingga tidak ditemukan unsur peniruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297121

Actions (login required)

View Item View Item