Pengembangan media permainan komputer untuk menambah kosakata bahasa inggris siswa kelas III SDN Bunulrejo 1 Malang / Febri Yona - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media permainan komputer untuk menambah kosakata bahasa inggris siswa kelas III SDN Bunulrejo 1 Malang / Febri Yona

Yona, Febri (2012) Pengembangan media permainan komputer untuk menambah kosakata bahasa inggris siswa kelas III SDN Bunulrejo 1 Malang / Febri Yona. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan media pembelajaran Role Play Game Bahasa Inggris. Dalam suatu proses belajar mengajar media sebagai bagian integral sistem pembelajaran maka kedudukannya tidak dapat dipisahkan dan berpengaruh terhadap jalannya pembelajaran. Atau dengan kata lain kegiatan pembelajaran tidak akan berlangsung dengan baik tanpa media pembelajaran yang sesuai. Game diambil dari bahasa Inggris yang diterjemahkan yang artinya permainan Di dalam era perkembangan teknologi yang pesat ini dapat ditemui melalui dunia virtual atau yang biasa dimainkan di dalam komputer. Melalui game maka akan merangsang para peserta didik dalam hal meningkatkan kecerdasan dan merangsang daya ingat. Melalui game peserta didik juga mudah untuk melakukan ekspresi diri. Media aplikasi permainan komputer Mencari Sang Nenek model role play game adalah sebuah permainan komputer yang dikemas dengan sederhana yang dapat membantu menambah kosakata siswa dalam bahasa Inggris. Game ini dirancang khusus dengan tujuan utama mengenal kosakata bahasa Inggris kepada pemain atau siswa. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran berupa game pembelajaran yang telah melalui proses validasi pada Siswa Kelas III SDN Bunulrejo 1 Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi pengembangan media animasi pembelajaran kepada ahli media ahli materi ahli desain dan responden siswa kelas III SDN Bunulrejo 1 Malang. Kemudian data tersebut diolah untuk mengetahui tingkat kevalidan dan efektivitasnya. Hasil pengembangan media game pembelajaran untuk mata pelajaran Bahasa Inggris ini memenuhi kiteria kevalidan oleh ahli materi sebesar 82 5% ahli media 82 5 % ahli desain 90% responden siswa 92%. Media ini juga efektif meningkatkan jumlah siswa kelas III SDN Bunulrejo 1 Malang yang memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) dari 15% menjadi 95%. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media Media aplikasi permainan komputer Mencari Sang Nenek model role play game pembelajaran ini valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item View Item