Pembelajaran kosakata bahasa arab pada program tahfizh qur\'an tematik (tqt) yayasan bait al-hikmah malang / Naura Izzatul Khusnayain - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kosakata bahasa arab pada program tahfizh qur\'an tematik (tqt) yayasan bait al-hikmah malang / Naura Izzatul Khusnayain

Khusnayain, Naura Izzatul Khusnayain (2023) Pembelajaran kosakata bahasa arab pada program tahfizh qur\'an tematik (tqt) yayasan bait al-hikmah malang / Naura Izzatul Khusnayain. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran kosakata bahasa Arab menempati kedudukan penting karena Bahasa Arab merupakan bahasa al-Qur rsquo an yang merupakan salah satu fondasi agama Islam. Kosakata al-Qur rsquo an yang diturunkan berbahasa Arab menimbulkan kesulitan tersendiri bagi umat Islam selain orang Arab untuk mempelajari dan mentadaburinya. Program Tahfizh Qur rsquo an Tematik (TQT) yang berfokus pada menghafal sekaligus memahami makna al-Qur rsquo an terlahir untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan serta penilaian dari pembelajaran kosakata bahasa Arab pada program TQT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dilakukan mulai bulan Januari hingga Juli 2023 dengan subjek penelitian pencetus guru pengajar serta siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara juga dokumentasi dan analisis datanya melalui pengumpulan data reduksi data penyajian data serta kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran kosakata di TQT berpusat di Yayasan dengan pencetus sebagai perancang dan penyusun. Guru berpartisipasi dalam penemuan irama lagu kosakata serta mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran kosakata dilaksanakan di awal sebelum menghafal dan setelah pembelajaran makna ayat. Pengenalan kosakata menggunakan beberapa metode pembelajaran yaitu melalui lagu isyarat tangan lagu dan gerakan gambar serta peraga kertas. Penilaian pembelajaran kosakata menggunakan penilaian secara lisan langsung setelah pembelajaran kosakata. Hal yang dijadikan guru sebagai indikator selesai atau cukupnya pembelajaran kosakata pada siswa adalah ketika siswa sudah dapat melafalkan kosakata serta artinya dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296906

Actions (login required)

View Item View Item