Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran khat naskhi untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf hijaiyah peserta ekstrakurikuler kaligrafi man 1 malang / Mochamad Navik Mubarok - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran khat naskhi untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf hijaiyah peserta ekstrakurikuler kaligrafi man 1 malang / Mochamad Navik Mubarok

Mubarok, Mochamad Navik Mubarok (2023) Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran khat naskhi untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf hijaiyah peserta ekstrakurikuler kaligrafi man 1 malang / Mochamad Navik Mubarok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesalahan penulisan huruf hijaiyah seperti anatomi huruf yang tidak tepat dan menyerupai huruf lain penulisan posisi huruf yang tidak tepat dan sambungan huruf yang tidak tepat kerap dialami siswa. Hal tersebut disebabkan kurangnya pemahaman siswa mengenai cara penulisan huruf hijaiyah yang baik dan benar. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mengajarkan khat naskhi dengan metode demonstrasi. Pemilihan khat naskhi untuk diajarkan kepada siswa didasarkan pada bentuk khat naskhi yang mudah dibaca dan ditulis karena tidak terlalu banyak menggunakan variasi dalam pembentukan huruf dan khat ini sering digunakan dalam berbagai literatur berbahasa Arab. Sedangkan pemilihan metode demonstrasi bertujuan supaya siswa dapat mengetahui langkah-langkah penulisan khat naskhi yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi dalam kegiatan belajar mengajar khat naskhi sebagai upaya peningkatan kemampuan menulis huruf hijaiyah siswa dan peningkatan yang terjadi setelah menerapkan pembelajaran tersebut. Peneliti memilih metode penelitian tindakan kelas untuk diterapkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan metode demonstrasi efektif untuk pembelajaran khat naskhi. Kemampuan menulis siswa meningkat secara signifikan setelah diterapkannya pembelajaran khat naskhi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada tahap pra siklus persentase siswa yang mendapatkan nilai tuntas hanya 20% pada siklus pertama persentase siswa yang mendapatkan nilai tuntas bertambah menjadi 53 3% dan pada siklus kedua kembali meningkat menjadi 93 3%. Kata kunci Pembelajaran khat naskhi metode demonstrasi pembelajaran bahasa Arab

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296897

Actions (login required)

View Item View Item