Studi komparasi prestasi belajar bahasa arab siswa kelas iii sd muhammadiyah kusan hilir antara siswa yang mengikuti tpa dengan yang tidak mengikuti tpa / Fathma Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparasi prestasi belajar bahasa arab siswa kelas iii sd muhammadiyah kusan hilir antara siswa yang mengikuti tpa dengan yang tidak mengikuti tpa / Fathma Fauziah

Fauziah, Fathma Fauziah (2023) Studi komparasi prestasi belajar bahasa arab siswa kelas iii sd muhammadiyah kusan hilir antara siswa yang mengikuti tpa dengan yang tidak mengikuti tpa / Fathma Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar bahasa Arab siswa kelas III SD Muhammadiyah Kusan Hilir menunjukkan bahwa sebagian siswa belum mahir membaca dan menulis bahasa Arab. Diperoleh informasi bahwa sebagian siswa mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur rsquo an (TPA) dan sebagian tidak. Diduga hal tersebut mempengaruhi prestasi belajar bahasa Arab para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar bahasa Arab antara siswa yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA di kelas III SD Muhammadiyah Kusan Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan bersifat komparatif. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul berupa nilai UTS UAS dan nilai hasil tes yang diperoleh dari seluruh siswa kelas III sebanyak 62 orang. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji independent sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rerata nilai siswa yang mengikuti TPA adalah sedangkan siswa yang tidak mengikuti TPA memiliki nilai rerata . Dari hasil uji t-test didapatkan nilai t hitung sebesar dan nilai signifikansi artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti TPA dengan yang tidak mengikuti TPA pada prestasi belajar bahasa Arab yaitu nilai siswa yang mengikuti TPA lebih besar dari yang tidak mengikuti TPA. Hasil belajar bahasa Arab siswa kelas III SD Muhammadiyah Kusan Hilir menunjukkan bahwa sebagian siswa belum mahir membaca dan menulis bahasa Arab. Diperoleh informasi bahwa sebagian siswa mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur rsquo an (TPA) dan sebagian tidak. Diduga hal tersebut mempengaruhi prestasi belajar bahasa Arab para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar bahasa Arab antara siswa yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA di kelas III SD Muhammadiyah Kusan Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan bersifat komparatif. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul berupa nilai UTS UAS dan nilai hasil tes yang diperoleh dari seluruh siswa kelas III sebanyak 62 orang. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji independent sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rerata nilai siswa yang mengikuti TPA adalah sedangkan siswa yang tidak mengikuti TPA memiliki nilai rerata . Dari hasil uji t-test didapatkan nilai t hitung sebesar dan nilai signifikansi artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti TPA dengan yang tidak mengikuti TPA pada prestasi belajar bahasa Arab yaitu nilai siswa yang mengikuti TPA lebih besar dari yang tidak mengikuti TPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296890

Actions (login required)

View Item View Item