Pembelajaran maharah qira\'ah bahasa arab kelas viii di mtsn 1 kota malang / Tsamrrotun Roeihana Malik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran maharah qira\'ah bahasa arab kelas viii di mtsn 1 kota malang / Tsamrrotun Roeihana Malik

Malik, Tsamrrotun Roeihana Malik (2023) Pembelajaran maharah qira\'ah bahasa arab kelas viii di mtsn 1 kota malang / Tsamrrotun Roeihana Malik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA rsquo AH BAHASA ARAB KELAS VIII DI MTSN 1 KOTA MALANG Abstrak Pembelajaran bahasa Arab adalah kegiatan belajar mengajar antara pendidik dengan peserta didik tentang bahasa Arab dengan memberikan pengenalan pemahaman dan pengembangan kemampuan bahasa Arab sebagai alat komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran maharah qira rsquo ah (2) pelaksanaan pembelajaran maharah qira rsquo ah (3) evaluasi pembelajaran maharah qira rsquo ah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab kelas VIII C dan siswa kelas VIII C di MTsN 1 Kota Malang. Langkah-langkah analisis data yaitu (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data (4) pembahasan hasil penelitian (5) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) perencanaan pembelajaran mencakup program tahunan program program semester silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. (2) pelaksanaan pembelajaran terdapat proses pembelajaran maharah qira rsquo ah yang terdiri dari kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan awal meliputi salam do rsquo a presensi menyampaikan materi yang akan dipelajari menjelaskan kompetensi dasar yang harus dikuasai dan menjelaskan tujuan pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan. Kegiatan inti meliputi pembacaan teks wacana dan dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian berdiskusi untuk memahami isi bacaan dengan memperhatikan bentuk makna dan susunan gramatikal pendidik menanyakan mufrodat yang belum diketahui peserta didik menceritakan kembali teks wacana dengan panduan pertanyaan yang berkaitan dengan tema dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari susunan gramatikal. Kegiatan penutup meliputi refleksi penugasan yang diambil dari UKBM pendidik dan peserta didik berdo rsquo a bersama pendidik menutup pembelajaran dengan salam. (3) Evaluasi pembelajaran mencakup evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Evaluasi formatif meliputi guru memberikan umpan balik berupa saran dan motivasi kepada siswa agar lebih giat dalam memahami materi serta memberikan gambaran model pembelajaran di pertemuan selanjutnya. Evaluasi sumatif meliputi penilaian sikap pengetahuan dan keterampilan. Evaluasi dalam kegiatan pembelajaran dapat dilihat melalui keaktifan dalam proses saat pembelajaran berlangsung kerjasama dalam berkelompok dan kegiatan tanya jawab. Kata kunci perencanaan pelaksanaan evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296880

Actions (login required)

View Item View Item