Penggunaan permainan spinning wheel untuk meningkatkan maharah kalam siswa Kelas VI SDI Nurul Ulum Kabupaten Sumenep / Ulfah Nur Afifah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan permainan spinning wheel untuk meningkatkan maharah kalam siswa Kelas VI SDI Nurul Ulum Kabupaten Sumenep / Ulfah Nur Afifah</p>

Afifah, Ulfah Nur (2023) Penggunaan permainan spinning wheel untuk meningkatkan maharah kalam siswa Kelas VI SDI Nurul Ulum Kabupaten Sumenep / Ulfah Nur Afifah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurangnya motivasi dan minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab guru yang tidak fasih berbicara bahasa Arab pemilihan media dan metode yang kurang tepat serta lingkungan berbahasa yang dominan menggunakan bahasa lokal merupakan problematika pembelajaran maharah kalam yang dialami oleh siswa dan guru di SDI Nurul Ulum. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) penggunaan permainan Spinning Wheel untuk meningkatkan hasil belajar maharah kalam siswa kelas VI SDI Nurul Ulum Kabupaten Sumenep. 2) peningkatan maharah kalam siswa setelah penggunaan permainan spinning wheel. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan analisis data kualitatif model Miles Huberman dan Saldana serta analisis data kuantitatif berupa rata-rata hasil belajar siswa persentase ketuntasan kelas dan peningkatan hasil siklus dengan subjek 20 siswa kelas VI SDI Nurul Ulum. Hasil penelitian 1) Penggunaan permainan Spinning wheel dapat meningkatkann hasil maharah kalam siswa kelas VI SDI Nurul Ulum. Pada kegiatan pembelajaran siswa antusias untuk mengikuti pembelajaran berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran mulai percaya diri untuk berbicara bahasa arab dan kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan. 2) Penggunaan media pembelajaran Spinning Wheeldapat meningkatkan maharah kalam siswa dikelas VI SDI Nurul Ulum Kabupaten Sumenep. Peningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan dari pra siklus sampai akhir siklus sebesar 13 9% dengan rincian siswa yang mencapai KKM pada siklus 1 sebanyak 13 orang dengan rata-rata 72 6 meningkat menjadi 17 orang dengan rata-rata 79 1 pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296873

Actions (login required)

View Item View Item