Pengembangan media e-comic untuk pembelajaran keterampilan membaca bahasa arab kelas x man / M Ilham Abdillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media e-comic untuk pembelajaran keterampilan membaca bahasa arab kelas x man / M Ilham Abdillah

Abdillah, M Ilham Abdillah (2023) Pengembangan media e-comic untuk pembelajaran keterampilan membaca bahasa arab kelas x man / M Ilham Abdillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di MAN 3 Blitar menggunakan buku ajar tanpa adanya kreasi dan inovasi dalam menyajikan materi pembelajaran bahasa Arab. Selain itu guru belum menggunakan teknologi pembelajaran yang terbarukan. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan serta mendeskripsikan kelayakan media e-Comic untuk pembelajaran keterampilan membaca di MAN 3 Blitar. Sasaran penelitian ini yaitu siswa kelas X Agama dengan jumlah 25 siswa. Peneliti menggunakan metode RnD dengan menggunakan model ADDIE. Hasil dari pengembangan ini yaitu e-Comic dibuat melalui aplikasi Procreate dan Corel Draw yang diubah format menjadi e-Book melalui aplikasi Flip PDF Pro. Hasil dari validasi media dan materi mendapatkan rata-rata 87 5%. Hasil uji coba siswa mendapatkan skor 83%. Dari skor tersebut komik bahasa Arab yang telah dikembangkan dikatakan sangat valid sangat baik serta layak dipergunakan sebagai media pembelajaran bahasa Arab serta tujuan dari penelitian telah dicapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296872

Actions (login required)

View Item View Item