Pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas 7 SMPIT As-Salam Malang / Nadya Silva Nurhanifah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas 7 SMPIT As-Salam Malang / Nadya Silva Nurhanifah</p>

Nurhanifah, Nadya Silva (2023) Pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas 7 SMPIT As-Salam Malang / Nadya Silva Nurhanifah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang banyak dipelajari di Indonesia didorong oleh faktor agama karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran bahasa Arab di SMPIT As-Salam Malang. Metode deskriptif kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian dengan pengumpulan data berupa observasi wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) perencanaan pembelajaran dilaksanakan dengan penyiapan perangkat pembelajaran berupa silabus prota promes dan RPP yang disesuaikan dengan kurikulum K13 revisi KMA nomor 183 tahun 2019. (b) pelaksanaan pembelajaran menggunakan teknik metode serta media yang bervariasi. Teknik pembelajaran yang digunakan berupa teknik 4 kemahiran berbahasa (istima rsquo qiro rsquo ah kalam kitabah) ditambah dengan teknik pembelajaran mufrodat dan qowaid. Metode yang digunakan disamping metode ceramah yaitu metode ATM (Amati Tiru Modifikasi) diskusi kelompok tanya jawab serta penugasan. Sementara media yang digunakan adalah media visual dan media audio visual. (c) evaluasi pembelajaran menggunakan berbagai macam evaluasi dan bentuk penilaian. Evaluasi terdiri dari evaluasi proses dan evaluasi hasil sedangkan bentuk penilaian berupa penilaian sikap (sikap spiritual dan sikap sosial) penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296863

Actions (login required)

View Item View Item