Implementasi kurikulum keputusan menteri Agama (KMA) 183 tahun 2019 dalam pembelajaran kemahiran membaca bahasa arab di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi\'in Malang / Lutvia Trinanda</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum keputusan menteri Agama (KMA) 183 tahun 2019 dalam pembelajaran kemahiran membaca bahasa arab di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi\'in Malang / Lutvia Trinanda</p>

Trinanda, Lutvia (2023) Implementasi kurikulum keputusan menteri Agama (KMA) 183 tahun 2019 dalam pembelajaran kemahiran membaca bahasa arab di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi\'in Malang / Lutvia Trinanda</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dibanding kemahiran berbahasa yang lain kemahiran membaca bahasa Arab (qira rsquo ah) merupakan salah satu tujuan utama dalam tujuan nasional kurikulum KMA 183. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum KMA No. 183 Tahun 2019 yang meliputi perencanaan pelaksanaan dan sistem penilaian pembelajaran kemahiran membaca bahasa Arab di salah satu Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA-IPS dan guru bahasa Arab MA Hidayatul Mubtadi rsquo in Malang. Dalam penelitian ini peneliti sebagai instrumen utama (human instrument). Teknik pengumpulan data dengan observasi wawancara dokumentasi dan penyebaran angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) perencanaan pembelajaran dilakukan guru dengan menyusun RPP yang berjumlah 1 lembar dengan komponen utama terdiri atas tujuan pembelajaran kegiatan pembelajaran dan penilaian pembelajaran (b) pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan inti dan penutup. Metode pembelajaran menggunakan metode juz rsquo iyyah dan terjemah. Bahan ajar yang digunakan buku bahasa Arab kelas XII KMA 183 revisi tahun 2020. Media pembelajaran papan tulis dan spidol (c) sistem penilaian pembelajaran menggunakan tes dan non tes yang mencakup nilai pengetauan sikap dan keterampilan. Pemberian soal HOTS belum dilaksanakan oleh guru karena kemampuan siswa yang tergolong rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296862

Actions (login required)

View Item View Item