Penerapan pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa arab di SMP IT AS-salam Malang / Safirah Farahiyah Anwar</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa arab di SMP IT AS-salam Malang / Safirah Farahiyah Anwar</p>

Anwar, Safirah Farahiyah (2023) Penerapan pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa arab di SMP IT AS-salam Malang / Safirah Farahiyah Anwar</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendekatan humanistik penting untuk diterapkan dalam pembelajaran dimana pendidikan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan yang dapat memperhatikan kebutuhan aktualisasi peserta didik. Sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai penerapan humanistik dan dampaknya dalam pembelajaran salah satunya dalam pembelajaran bahasa Arab di SMPIT As-Salam Malang karena sekolah tersebut menerapkan prinsip yang di dalamnya mengandung nilai humanistik. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mencari tahu dan memberikan deskripsi berkaitan dengan implementasi pendekatan humanistik dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Arab di SMPIT As-Salam Malang. Penelitian dilakukan pada kelas IX dengan metode studi kasus yang pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi untuk kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di SMPIT As-Salam telah menerapkan pendekatan humanistik dalam aspek dorongan minat dalam kemampuan bahasa Arab pembelajaran bebas dari tekanan suasana kelas yang aman hangat terbuka kesetaraan dalam pembelajaran sarana prasarana yang memadai perubahan ke arah yang lebih baik dan pengaplikasian ilmu yang telah dipelajari. Adapun aspek-aspek humanisme yang hanya terlihat sebagian pada satu sampai tiga pertemuan yaitu suasana pembelajaran yang aktif dan kondusif peran guru sebagai fasilitator dalam kelompok kelas feedback guru kepada peserta didik dorongan berprestasi mandiri berpikir kritis. Adapun dampaknya penerapan humanistik ini yaitu tersampaikannya nilai-nilai kemanusian dalam pembelajaran bahasa Arab yang membantu mendorong peserta didik mengaktualisasikan dirinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296849

Actions (login required)

View Item View Item