Pembelajaran bahasa arab bagi orang dewasa di “bisa learning center” (blc) cabang solo : problematika dan solusinya / Adinda Bunga Putri Yodhi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran bahasa arab bagi orang dewasa di “bisa learning center” (blc) cabang solo : problematika dan solusinya / Adinda Bunga Putri Yodhi

Yodhi, Adinda Bunga Putri Yodhi (2022) Pembelajaran bahasa arab bagi orang dewasa di “bisa learning center” (blc) cabang solo : problematika dan solusinya / Adinda Bunga Putri Yodhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyaknya lembaga non-formal yang memberikan kursus Bahasa Arab saat ini tidak lepas dari kebutuhan masyarakat untuk mendalami Bahasa Arab sebagai alat untuk mempelajari Islam sebagai agama yang dianutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tujuan pembelajaran metode materi dan media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di BLC cabang Solo. Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan di BLC cabang Solo dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh dari pengajar tunggal dan siswa dalam satu periode pembelajaran. Teknik analisis data dimulai dari reduksi display data dan konklusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan antara komponen pembelajaran Bahasa Arab di BLC dengan pembelajaran Bahasa Arab di lembaga formal. Perbedaan tersebut di antaranya 1) dari aspek tujuan pembelajaran BLC lebih menekankan pembelajaran pada aspek tata bahasa dan kosakata daripada aspek keterampilan berbahasa 2) kualifikasi pengajar Bahasa Arab di BLC tidak hanya tidak hanya dilihat dari kemampuan berbahasa arab namun juga dilihat dari keterampilan pedagogik (kependidikan) dan wawasan keislaman 3) Selain buku teks yang disusun oleh tim BLC pembelajaran Bahasa Arab di BLC juga menggunakan bahan ajar penunjang seperti kitab klasik dan kontemporer serta buku terjemahan karya ulama rsquo Bahasa Arab terkemuka 4) metode pembelajaran utama yang digunakan di BLC adalah metode BISA yaitu metode khusus untuk pembelajaran Bahasa Arab yang dikembangkan oleh para pengajar di BLC 5) materi pembelajaran difokuskan pada pemahaman kaidah kebahasaaraban (nahwu dan sharaf) serta pemerolehan kosakata dan penerapannya dalam percakapan (hiwari) sesuai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan 6) pada pembelajaran offline pembelajaran Bahasa Arab di BLC cenderung menekankan pendekatan komunikatif dan penjelasan langsung menggunakan grafik dan tabel sedangkan pada pembelajaran online materi disajikan dengan memaksimalkan media pendukung seperti gambar video dan audio 7) program pembelajaran Bahasa Arab di BLC dilaksanakan dalam rentang waktu yang relatif singkat berkisar antara 4-8 bulan dengan durasi pertemuan 2x90 menit sepekan 8) evaluasi pembelajaran di BLC dilaksanakan dengan menggunakan tes sumatif yang diberikan saat menjelang akhir program pembelajaran. Adapun problematika pembelajaran bahasa Arab di BLC dapat dikategorikan menjadi dua yaitu problematika linguistik dan nonlinguistik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296728

Actions (login required)

View Item View Item