Pembelajaran baca tulis huruf arab dengan metode qiraati di TPQ Al-Kamaliyah / Ariene Afriliana Putri</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran baca tulis huruf arab dengan metode qiraati di TPQ Al-Kamaliyah / Ariene Afriliana Putri</p>

Putri, Ariene Afriliana (2022) Pembelajaran baca tulis huruf arab dengan metode qiraati di TPQ Al-Kamaliyah / Ariene Afriliana Putri</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penulis Ariene Afriliana Putri Judul Pembelajaran Baca Tulis Huruf Arab dengan Metode Qiraati di TPQ AL Kamaliyah Pembimbing Dra. Hj. Nur Anisah Ridwan M.Pd Pembelajaran baca tulis huruf arab dengan metode Qiraati sudah berkembang di berbagai tempat di Indonesia khususnya di TPQ Al-Kamaliyah. Beberapa keunggulan dari metode Qiraati menjadikan TPQ Al-Kamaliyah memilih metode ini karena metode Qiraati adalah metode yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran membaca Al-Qur rsquo an diantaranya yakni mengutamakan keterampilan proses membaca secara cepat dan tepat baik dari segi makhorijul huruf maupun tajwidnya sehingga kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur rsquo an mampu berkembang dengan baik. Tujuan skripsi ini yakni untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran baca tulis huruf arab dengan metode Qiraati di TPA Al-Kamaliyah serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran baca tulis huruf arab dengan metode Qiraati di TPQ Al- Kamaliyah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Ada beberapa teknik yang dilakukan dalam penelitian ini yakni observasi ke TPQ Al-Kamaliyah wawancara kepada pihak TPQ serta dokumentasi yang diperoleh saat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran baca tulis huruf arab dengan metode Qiraati ada beberapa tahap yakni proses persiapan belajaran mengajar kegiatan pembelajaran serta evaluasi kegiatan belajar. (2) Faktor pendukung yakni Guru dan santri datang tepat waktu ke TPQ sehingga pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan lancar kemudian kelengkapan sarana dan prasana yang lengkap serta tempat atau ruang kelas yang nyaman luas dan bersih. (3) ada beberapa faktor penghambat yang mempengaruhi pembelajaran ini yaitu santri yang kurang semangat dalam belajar keterlambatan santri serta santri yang jarang masuk. Kesimpulan dari penelitian ini yakni bahwa menggunakan metode Qiraati sangat efektif digunakan dalam pembelajaran baca tulis huruf Arab karena anak mulai usia dini sudah diajarkan membaca dan menulis huruf arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296725

Actions (login required)

View Item View Item