Analisis struktural dalam cerita pendek &ldquo;Al Arandas&rdquo; karya Kamil Kailani / Ni\'matul Wafiroh</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis struktural dalam cerita pendek &ldquo;Al Arandas&rdquo; karya Kamil Kailani / Ni\'matul Wafiroh</p>

Wafiroh, Ni'matul (2023) Analisis struktural dalam cerita pendek &ldquo;Al Arandas&rdquo; karya Kamil Kailani / Ni\'matul Wafiroh</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan amanat yang terkandung dalam cerpen ldquo Al Arandas rdquo Karya Kamil Kailani. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan struktural. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Hasil dari penelitian ini meliputi (1) unsur pembangun cerita yang meliputi tema berupa keajaiban kematian Al Arandas fakta cerita meliputi tokoh utama yakni Al Arandas sedangkan tokoh pembantu adalah Zaqzouq dan istri Dokter istri dokter saudagar muadzin hakim masyarakat polisi algojo presiden dan menteri. Alur cerita disini menggunakan alur maju-mundur. Latar tempat berada di toko rumah Zaqzouq rumah Dokter tangga rumah dokter dekat pintu kamar dokter kamar dokter dasar tangga halaman rumah saudagar rumah saudagar toko dekat rumah saudagar dan dekat dengan masjid kantor kepolisiantempat eksekusi penyaliban. Sedangkan latar waktunya adalah pagi sore dan malam hari. Sarana cerita meliputi sudut pandang sudut pandang cerita ini menggunakan orang ketiga. (2) Amanat yang terkandung dalam Cerita Pendek Al Arandas Karya Kamil Kailani ini adalah ilai-nilai moral diklasifikasikan menjadi tiga bagian nilai moral individual meliputi tidak berlebih-lebihan atau tamak dan juga tidak tergesah-gesah nilai moral sosial meliputi bertanggung jawab ketika mendapatkan amanat tidak menyusahkan orang lain namun membuat orang lain bahagia dan tidak menyelesaikan masalah dengan cara yang salah dan membuat orang mengikuti berbuat salah melainkan dengan cara yang benar nilai moral religius meliputi ketelitian dalam memastikan sebuah persoalan yang rumit dan pelik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296720

Actions (login required)

View Item View Item