Perkembangan kepribadian tokoh anak dalam novel ayahku (bukan) pembohong karya tere liye / Christina Siwi Diorimi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perkembangan kepribadian tokoh anak dalam novel ayahku (bukan) pembohong karya tere liye / Christina Siwi Diorimi

Diorimi, Christina Siwi Diorimi (2023) Perkembangan kepribadian tokoh anak dalam novel ayahku (bukan) pembohong karya tere liye / Christina Siwi Diorimi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan kepribadian seorang anak disebabkan dan dipengaruhi oleh banyak faktor seperti lingkungan dan keluarga. Perjalanan perkembangan kepribadian tokoh anak tergambar dari novel ini. Novel ini menceritakan kebahagiaan sederhana yang lahir dari keluarga sederhana ini dengan tokoh anak sebagai tokoh utama. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perkembangan kepribadian tokoh anak pada masa kanak-kanak remaja dan dewasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kajian psikologi sastra. Analisis data dilakukan dengan psikologi perkembangan melalui tahapan berikut membaca berulang-ulang novel sampai menemukan data yang dicari mengidentifikasi bagian teks atau kutipan teks dalam novel yang menunjukan perkembangan kepribadian anak dari masa kanak-kanak sampai dewasa. Penelitian ini menemukan bahwa perkembangan ketika masa kanak-kanak merupakan masa yang cepat serta memiliki perubahan dalam banyak aspek perkembangan sedangkan remaja merupakan masa transisi atau peralihan dan masa tumbuh kearah kematangan tokoh anak dengan melalui banyak peristiwa masa dewasa tokoh anak lebih banyak memiliki sikap kritis dan keras kepala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296305

Actions (login required)

View Item View Item