Pembentukan dan pemaknaan bahasa gaul remaja indonesia di media sosial tiktok / Sotya Satriyanti Apsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembentukan dan pemaknaan bahasa gaul remaja indonesia di media sosial tiktok / Sotya Satriyanti Apsari

Apsari, Sotya Satriyanti Apsari (2023) Pembentukan dan pemaknaan bahasa gaul remaja indonesia di media sosial tiktok / Sotya Satriyanti Apsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa gaul merupakan variasi bahasa tidak baku yang banyak digunakan kalangan remaja. Bahasa gaul kini berkembang di media sosial. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk dan makna bahasa gaul remaja Indonesia di media sosial Tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna bahasa gaul remaja Indonesia di media sosial TikTok. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa data tulis kosakata gaul remaja Indonesia di media sosial TikTok. Sumber data didapatkan dari komentar dalam akun jeckiminaj bondoljpg iniganta dinouris dwikilian idulbukanidoel adhityappeo nonikmeniszt dan hiwlen. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan mencatat. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data mengklasifikasi berdasarkan aspek menganalisis dan menyusun hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 70 data kosakata bahasa gaul dalam media sosial Tiktok meliputi 19 data meliputi perubahan fonem penghilangan fonem dan penambahan fonem 29 data pemendekkan kata antara lain singkatan akronim penggalan dan kontraksi dan 22 data klasifikasi tambahan antara lain ragam walikan kata baru asosiasi penggunaan bahasa Inggris dan kata gabungan bahasa Inggris dan Indonesia. Makna bahasa gaul yang ditemukan meliputi makna berdasarkan kamus dan makna berdasarkan sudut pandang penutur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296291

Actions (login required)

View Item View Item